Wednesday 18 January 2017

Tentang Kematian

Kematian, tidak akan datang terlambat dan tidak akan datang terlalu cepat. Bila sudah waktunya tiba, hujan, guntur, baja, besi, jarak dan waktu tidak akan menghalangi malaikat maut untuk menjemput. 

Sering kita tak sadar bercanda gurau bersama teman kita "eh lu dapet salam dari malaikat maut" 

Kita tidak pernah berpikir, apakah malaikat maut itu akan benar-benar datang menjemput kita. Kita tidak pernah berpikir apakah ini hari terkahir, detik terakhir, sholat terakhir, pertemuan terakhir, kata terakhir, perjuangan terakhir, bersendagurau terakhir, maksiat terakhir, dosa terakhir, durhaka terakhir, tanpa kita sempat bertaubat.

Kita pun tak pernah berpikir ketika kita berbuat kesalahan yang merugikan atau menyakiti orang lain, apakah kita akan sempat untuk memperbaiki kesalahan itu? akan kah kita sempat meminta maaf? atau terdahului oleh malaikat maut dan menyisakan hati yang terluka?

Hari ini, tepat di hari Rabu, 18 Januari 2017. Saudara, teman seperjuangan saya bernama Heriyansah telah dimakamkan. Tepat di hari ke tujuh belas di tahun 2017 Heriyansah yang akrab dipanggil Iyank dijemput oleh malaikat maut. 

Berita kematian tersebut bagai kabar burung yang tidak dipercayai kebenarannya. Banyak kata-kata penyangkalan "Masa sih, belum lama gue bimbingan bareng" "Baru juga mau janjian ke dospem" dan lain-lain. Tapi maut telah datang, yang sehat, yang tertawa bahagia, yang baru naik jabatan, yang baru menikah tidak akan menghalangi kedatangannya.

Masih terbayang-bayang kala ngantri bimbingan bareng, dikelas bareng, iyank selalu menjadi pusat perhatian karena sifatnya yang periang. Bahkan ia tak pernah memperlihatkan rasa sakit yang ia alami sekian lama. Iyank adalah mahasiswa dari Fak ekonomi dan bisnis universitas pancasila tahun 2012. Sedang menjalani skripsi dan stak di dospem metopet yang meriksanya terlalu lama, sudah sampe bab 4 di materi. Tapi kini bayang-bayang sidang dan wisuda telah hilang. Iyank telah pulang.


Iyank, semoga tenang. Dunia ini terlalu menyakitkan sehingga Allah kembali menempatkan iyank kembali di sisi-Nya. Jangan tengok kebelakang, doakan kami semua yang sama-sama berjuang agar pantang menyerah hingga menang. 


اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارًاخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلاً خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَاَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَاَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ. اَللهُمَّ اغْفِرْ لِحَيِّنَا وَمَيِّتِنَا وَشَاهِدِنَا وَغَائِبِنَا وَصَغِيْرَنَا وَكَبِيْرَنَا وَذَكَرِنَا وَاُنْثَانَا. اَللهُمَّ مَنْ اَحْيَيْتَهُ مِنَّا فَاَحْيِهِ عَلَى اْلاِسْلاَمِ وَمَنْ تَوَفَّيْتَهُ مِنَّا فَتَوَفَّهُ عَلَى اْلاِيْمَانِ. اَللهُمَّ لاَتَحْرِمْنَا اَجْرَهُ وَلاَتُضِلَّنَا بَعْدَهُ بِرَحْمَتِكَ يَآاَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Wahai Allah, ampunilahrahmatailah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami (istri) yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia kedalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan dari siksa api neraka. Wahai Allah berikanlah ampun, kami yang masih hidup dan kami yang telah meninggal dunia, kami yang hadir, kami yang ghoib, kami yang kecil-kecil kami yang dewasa, kami yang pria maupun wanita. Wahai Allah, siapapun yang Engkau hidupkan dari kami, maka hidupkanlah dalam keadaan iman. Wahai Allah janganlah Engkau menghalangi kami, akan pahala beramal kepadanya dan janganlah Engkau menyesatkan kami sepeninggal dia dengan mendapat rahmat-Mu wahai Tuhan lebih belas kasihan. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.



No comments:

Rangkuman Debat Pertama Capres 2024

Anies Baswedan Visi dan Misi 1.        Menempatakan hukum sebagai rujukan utama untuk memastikan hadirnya rasa keadilan memberikan keber...