Monday 9 July 2018

Wisata ke Pulau Sangiang, Banten (6 – 8 Juli 2018)






Wisata kali ini berawal dari celoteh kerinduan seorang teman yang lama kelamaan mulai meracuni akal sehat gue. Rindu akan hempasan dan gelombang itu kembali menggerogoti seisi ruang hati. Hingga akhirnya ditetapkan lah tanggal 6 pukul 20.00 WIB menjadi awal dari perjalan panjang yang indah. 

Setelah kepo sana-sini tentang perjalanan backpacker menuju Pulau Sangiang, akhirnya kami memutuskan untuk ikut open trip. Meski hati masih mengganjal, karena tidak semua jasa trip memuaskan dan aman. Jadi untuk kamu yang ingin wisata ke Sangiang pastikan kalian memiliki teman yang cukup atau bersedia merogoh kocek lebih dalam. Karena tidak ada kapal yang menyebrang setiap saat, dan mereka baru akan melakukan penyebrangan bila di sewa. Harga sewa sektiar Rp 1,5 jt – Rp 2 jt dengan kapasitas maksimal 20 orang. Dan yang paling penting adalah pastikan teman yang kamu ajak itu asik, biar gak bête selama perjalanan. 

Dan perjalanan kali ini kami percayakan kepada pemilik akun instagram @Rhino_Adventure cp : 0877-8712-1224 (bang Alya). @Rhino_Adventure berhasil bikin rindu gue terobati, aman diperjalanan dan aman pula di kantong. Thanks a lot bor and team. Paket yang ditawarkan adalah 350k all in exclude sewa alat, mepo di Dermaga Paku Anyer. 

Ada 8 orang dalam sangiang project yang bergabung dalam open trip @Rhino_Adventure :


1.       Eva Rahayu
2.       Mega
3.       Khairiyah Manik
4.       Dobi Wulansari
5.       Eko Budiman
6.       Rita Sugiarto
7.       Anno
8.       Fifi Rizky Awaliyah


Hari jumat tanggal 6 Juli 2018, pukul 22.00 WIB kami bertemu di Plaza Slipi Jaya, dan jegat bus jurusan Merak, HTM 30k/orang. Perjalanan sekitar 3 jam dan turun di simpang tiga cilegon. Disambung dengan sewa angkot 20k/orang. Gak lama, gak sampe 1 jam. Yang awalnya gue pikir sampe dermaga paku subuh, jadi kita bisa numpang istirahat di masjid terdekat. 



Di dermaga pun cukup lengkap, ada toilet, masjid, warung kelontong yang harganya asal tembak (jadi kalau mau makan disana  harus tanya harga dulu biar gak ditembak) dan warung indomi yang masih aman harga dan rasanya.

Warung yang nembak harga

cah kacang pacang + telor bulet kemaren + tempe goreng Rp 18rb
warung indomie merakyat








Setelah sarapan usahakan langsung berganti pakaian untuk snorkeling. Karena gue lagi berhalangan jadi gue gak ikut snorkeling. Wisata ke sangiang ini ada 2 spot snorkeling yaitu di legon waru dan legon bajo. Sayang kali ini hanya berkesempatan untuk di satu spot snorkeling yaitu di legon waru karena di legon bajo air sangat keruh. Meski gue gak ikut snorkeling gue tetep enjoy guys. Ikan-ikannya layak piranha kelaparan dikasi remah roti langsung berdatangan. Gue yang dari atas kapal aja sangat menikmati apalagi mereka yang snorkeling. Dan yang paling penting adalah arusnya landau gak bikin mual. 













Setelah snorkeling lanjut ke homestay, sepanjang perjalanan disuguhi pemandangan hijaunya pohon bakau. Penduduk yang ramah, harga jajanan yang bersahabat. Ada juga loh kang mie ayam, Cuma gue gak tertarik untuk coba. Seenggaknya selama di pulau gue harus menikmati setiap detiknya.







Dari dermaga pulau sangiang, kita harus berjalan gak terlalu jauh sih cuma dikelilingi hutan pohon kelapa dan pohon duri. Ada juga pohon-pohon besar yang layaknya hutan. Ngeri juga geng kalo malem-malem lewat situ. Gelap, yaa walau kata leader sih aman sudah teruji tidak ada hewan buas.









Di ujung perjalanan menuju homestay, kami terpukau oleh lukisan Allah yang Maha Esa. Pantai Panjang. Masya Allah, bagaimana Syurga kelak? Maha Karya –Mu di Bumi saja sudah membuat hati ini bergetar ya Rabb.












Homestay terletak tak jauh dari Pantai Panjang ini, dikelilingi hutan yang masih sangat asri. Beruntung gue dan rombongan berbarengan dengak bapak polisi hutan yang akan berburu babi hutan, menjadi wasilan Allah menambah rasa aman. Tak jauh dari homestay pun terdapat warung kelontong yang menyediakan mie instan dan gorengan yang sambelnya dewa banget. Harganya sangat ramah tamah hanya Rp 1k/biji.







Seperti pulau lainnya disini hanya tersedia listrik saat pukul 06.00 PM – 06.00 AM. yang unik adalah homestay memiliki kamar mandi yang terpisah antara kamar mandi dan toilet untuk pup. Air pun harus nimba sendiri, untungnya tangan gue tangan kuli yang gak berasa apa-apa kalau Cuma untuk mandi mah.





Setelah makan siang, gue tidur siang sambil berjemur (enggak denk gue cari yang adem gak kena matahari). Ajibbbbb 2 jam lebih gak berasa coy, tidur di tepi pantai gitu. Aduhaaay banget bokonyaaaaa.  

Dan setelah sholat ashar, kami langsung bersiap-siap untuk berburu sunset di puncak harapan. Dan ini benar-benar diluar dugaan gue. Karena untuk menuju puncak harapan kita harus nanjak yang lumayan terjal,  kalau lo udah pernah ke pulau Krakatau dan nanjak anak Krakatau yang masih aktif itu. Ini lebih terjal dari itu gaeys, jadi kalau bisa persiapkan diri dengan olah raga kecil dan alas yang memadai. Medan lumayan berbatu dan berakar, jadi oleng sedikit bisa tergelincir kaya kaki gue. Alhamdulillah ada pria tampan idaman yang bisa kasi pertolongan pertama.






Sebelum ke puncak harapan, kita akan melewati gua kelalawar
Jalur semakin terjal untuk menggapai puncak idaman. Kita harus melewati dahulu puncak Begal. 









Puncak harapan, yang ternyata gak begitu jauh dari puncak begal. Dalam perjalanan balik menuju homestay kita akan melewati Kawah tungku dan bukit cinta yang masih dalam pembangunan.










Buat  gue disini adalah tempat paling keren dari semua yang udah gue jelajahin, dan cocok buat lo yang kangen gelombang dan tanjakan. Thanks untuk @Rhino_adventure yang bikin perjalanan kali ini sangat berkesan. Makananannya enak, sambelnya mantab, sayang ada beberapa temen yang tidur di luar karena gak kebagian tempat. 

#Akomodasi
1. Paket Trip Rp 350k
2. Transport kantor slipi Rp 25k
3. Transport Slipi -> simpang tiga cilegon (bus jurusan merak) Rp 30k, PP 60k
4. Transport Simpang 3 Cilegon -> Dermaga Paku Anyer (Angkot) Rp 20k, PP 40k
6. Transport Kp rambutan rumah -> Rp 35k
7. Sewa Alat Rp 75k
TOTAL Rp 585 k

#Paket Termasuk 
1. Kapal PP
2. Tiket Wisata
3. Simaksi
4. Guide
5. Retribusi Pulau
6. Makan 3x (Siang - Malam - Pagi) Selama di Pulau
7. Homestay Share room
8. Air Mineral
9. Pelampung
10. Dokumentasi selama Trip

Buat lo yang mau jalan Privat or Open trip,
Bisa langsung kepoin aja  IG @Rhino_Adventure Cp : 087787121224

Terima kasih buat semua pihak yang terlibat dalam perjalanan kemaren. Semoga semakin dewasa, berwawasan luas, bahagia dan sukses dunia akhirat. Aamiin. 

Bila artikel ini membantu, silahkan like, comment, follow dan klik iklan di samping yaaa.. 
chiaaayoo ^^, 




No comments:

Rangkuman Debat Pertama Capres 2024

Anies Baswedan Visi dan Misi 1.        Menempatakan hukum sebagai rujukan utama untuk memastikan hadirnya rasa keadilan memberikan keber...