Sunday 25 May 2014

Perilaku Organisasi#5#Fondation of Organization Structure



Dalam pertemuan kali ini tanggal 24 Mei 2014, Pak Seta mengajak kami lebih mengenal Organisasi untuk mengembangkan karir. Ada sesuatu yang berbeda dalam pertemuan kali ini. Saya pikir dosen yang kece luar biasa itu agak lebih cabi sedikit. Hehehe ciyusan pak :D

Tapi kami tak langsung memulai pertemuan kali itu melainkan disela sholat ashar mengingat adzan ashar sudah berkumandang. Dalam sholat entah mengapa aku tak bergegas malah bisa dibilang malas-malasan dan berusaha mengulur waktu selama mungkin. Gak tahu nih pak semangat udah low banget. Apalagi mata kuliyah perilaku organisasi udah ada diujung hari, jadi hanya mengandalkan energi sisa yang hampir terkuras habis sama mata kuliyah sebelumnya jadi maklum ya pak.
Kembali pada materi, mula-mula Pak Seta menerangkan tentang struktur organisasi.

Struktur organisasi adalah struktur yang dikaitkan dengan human resource management. Struktur organisasi berguna sebagai alat yang menunjukan bagaimana career plan management. Karena jika kita tahu di mana posisi kita dalam perusahaan, kita akan tahu bagaimana cara untuk memposisikan karirnya. Oleh karena itu pada saat kita memulai kerja kita harus tahu visi dan misi perusahaan. Visi dan misi perusahaan pun menentukan kadar keelitan perusahaan tersebut.

Struktur organisasi bersifat :
1.      Struktural (Chain of Command)
2.      Fungsional (Berdasarkan Specialisasi)
Pak seta pula menerangkan, bahwa perushaan harus melakukan work load analysis.

Langkah-langkah membuat struktur organisasi :
1.      Vision / Mission Care
2.      Strategic Planning / Renstra KPI (Key Performance Index)
3.      Sistem Management, Ex : ISO
4.      Standarisasi
5.      Baru bisa ditentukan departement
6.      Struktur Organisasi

Job Desk adalah deskripsi pekerjaan (Living Documen). Job desk terdiri dari : role, responsibility, spesifikasi, KPI (Key Performance Index). Job desk merupakan kunci dari segala pengukuran.
Job evaluasi adalah melakukan remunerasi pegawai. Semakin ke atas struktur perusahaan maka semakin besar perusahaan tersebut. Job evaluasi terdiri dari :
1.      Pengalaman
2.      Pendidikan
3.      Resiko
4.      Tanggung Jawab

Demikian, sebenernya Pak Seta ngasih materinya banyak banget. Tapi yang ketangkep Cuma segini ajah pak, udah gitu gak tahu juga bener atau enggak. Soalnya tapi ngantuknya pake banget pak. Ujan pula haduhhh jadi makin ngedukung si rasa kantuk pak. Tapi terima kasih banget ya pak, sebernarnya tadi waktu bapak nanya di kelas itu saya mau banget jawab tapi saya malu ah pak. Mulai dari gak ada jenjang karir, gak ada job desk, dan gak ada struktur sampe visi dan misi juga gak ada. Haduhh salah masuk perusahaan nih pak. Tapi saya selalu berpikir gak apa-apa stay ajah dulu selama belum dapat yang baru jadikan buat batu loncatan. Karena yang terpenting adalah selalu produktif. Bapak tahu sendiri nyari kerjaan jaman sekarang gak gampang. Heheh Syukron jazilan Pak Seta :D

Fifi Rizky Awaliyah
Materpiece
FE.AK Universitas Pancasila
1212215086





No comments:

Rangkuman Debat Pertama Capres 2024

Anies Baswedan Visi dan Misi 1.        Menempatakan hukum sebagai rujukan utama untuk memastikan hadirnya rasa keadilan memberikan keber...