Wednesday 23 January 2019

Open Minded


Apa yang dimaksud dengan OPEN MINDED?



Kadang gue suka denger orang melontarkan kalimat “Lu gak open minded sih” kepada lawan bicaranya. Atau di tengah perbincangan ada orang yang mencela seseorang dengan kalimat “Males gue, dia itu gak open minded” 

Dari situ timbul satu pertanyaan besar dalam kepala gue. Apakah orang-orang yang mengklaim orang lain tidak open minded ini sudah paham betul apa yang dimaksud dengan Open Minded?

Karena menurut gue Open Minded itu adalah kondisi di mana seseorang memiliki wawasan yang begitu luas sehingga ia dapat melihat berbagai sudut pandang, dan menghargai setiap alasan/historis dibalik sebuah pendapat. 

Kalau menurut mbah google, lo cari dengan keyword “Open Minded” akan muncul pengertian dari Open Minded (pikiran terbuka) adalah ketika anda tahu bahwa anda benar, tetapi anda juga tahu anda bisa saja salah dan mau untuk mendengar opini atau sudut pandang orang lain yang berbeda maupun yang tidak sesuai dengan pemikiran anda.

Kalau berdasarkan dua pengertian ini, justru orang-orang yang bilang orang lain tidak open minded itu dipertanyakan apa pengertian dari open minded bagi mereka? 

Yang harus kita semua ingat adalah Open Minded itu bukan tentang mereka yang sepaham, sependapat, satu sudut pandang dengan kita. Sehingga ketika ada orang yang tidak sepaham, sependapat dan tidak satu sudut pandang harus dipaksakan. 

Justru dari perbedaan disini kita bisa melihat kelemahan yang tidak bisa dilihat oleh mata kita sendiri. Sehingga kita dapat menemukan satu trobosan baru atau solusi baru dari sebuah masalah. Bukan malah menambah masalah dengan memperdebatkan perbedaan.

Bahkan kalau memang prinsip open minded ini betul-betul diterapkan sudah tidak ada lagi yang namanya perdebatan, yang ada hanyalah musyawarah. 

Semoga kita semua dihindari dari sifat sombong, aamiin


3 comments:

Anonymous said...

buat gue open minded itu ngehargain pendapat orang lain, tapi bukan berarti dipake juga yang penting tempat kan pendapat itu sama tinggi, diri kita yang nenutin mau nerima atau enggak, yang penting orang lain gak tersinggung

April said...

Aamiin.

Sebenernya terkadang orang menghakimi org lain dg bilang "ah lu ga open minded" cuma untuk menekan dan memaksakan sudut pandang mereka sendiri tanpa bener2 menerapkan pengertian dr open minded nya itu. IMO. Peace.

Unknown said...

Keras kepala,
Ketika ada seseorang yang mengeluh tentang perdebatan dari sebuah obrolan yang sedang berlangsung, dan mengeksploitasikan kalimat "open minded",
Solusi buat orang macem ini suruh ngomong sama tembok

Rangkuman Debat Pertama Capres 2024

Anies Baswedan Visi dan Misi 1.        Menempatakan hukum sebagai rujukan utama untuk memastikan hadirnya rasa keadilan memberikan keber...