Friday, August 22, 2014

Kangen = Rindu

Tik-tok-tik-tok-tik-tok..
Detak jarum jam, decit mesin fax seolah saling bersautan seiring dengan berlangsungnya azan ashar..

Aku masih terdiam, di depan komputer kerja ku. Sejenak, seisi ruangan menjadi hening, meski sayup-sayup  lantunan lagu berbahasa jawa masih terdengar. Di sini, iyah tepat disudut ini ku habiskan setiap detik dalam hari-hari ku. Dikelilingi para pria  yang sudah lebih dari kepala tiga. Mereka bicara dengan menggunakan bahasa jawa. Tapi entah mengapa hingga detik ini, aku masih belum bisa bicara selancar mereka. Aku hanya mengerti sekedarnya saja.

Tiba-tiba aku terjangkit virus rindu yang mulai meradang di hati ku. Membuat otak ku mendobrak semua memori tentang kejadian beberapa tahun silam. Memori pertama, file warna biru yang tersimpan rapih di file putih - merah ku. Aku sungguh merindukan masa-masa itu. Di mana hanya ada aku, pelajaran, tugas dan teman-teman. Saat pertama kali mendapat surat cinta, saat pertama kali bermalam dalam camp pramuka, saat pertama kali berjilbab. Yeay!!! jilbab ini sudah menemani hari-hari ku sejak kelas empat sekolah dasar. Semua ejekan, semua tertawaan itu pun kembali terekam. Bagaimana pedihnya rasa malu yang ku simpan sendiri saat mereka menertawakan jilbab pertama ku. Tapi semua itu menjadi pelajaran berharga yang tak pernah hilang. Saat sekolah dasar aku mempunyai sebuah genk, namanya genk FREN. Yang anggotanya terdiri dari Fifi rizky awaliyah, Raodatul jannah, Elva apriyani dan Nuraini. Wanita tangguh yang anti banget sama pacaran dan cowok. Love? NO! Boy? NO!!! Cry? NO!!!! itulah motto kami. Disaat teman sekelas pada asik pacaran cinta monyet kita justru asik sama hal-hal sepele. Kaya makan mie kremes di bawah tiang bendera, Maen loncat karet, Maen santang, Daun-naunan, Petak umpet, ABC limadasar, tebak-tebakan dan nyari pormasi keren buat ngibarin bendera tiap hari senin. Ah, rasanya anak-anak sekarang udah gak kenal semua permainan itu. Dan yang paling berkesan itu, saat aku dipanggil Bu Tuti wali kelas 5 SD karena ditegur dengan kebiasaan ku yang katanya suka ngongkong. Ohemji....akhirnya sejak itu saya pakai rok pendek dan celana striit selutut. Meski memakai jilbab, baju sekolah tetap pendek. Karena saat itu aku tak diizinkan kepala sekolah untuk memakai seragam panjang. Bahkan, saat Photo ijazah pun dipaksa gak pake jilbab. huhuhu

Memori kedua itu, File berwarna hijau yang sangat rapih tersusun di dalam file Putih - Biru. Ya!!! Saat inilah yang paling ngangenin. Ketemu Jay-ku ehem -ehem *colek Pipit Jayanti, sahabat terkeren yang pernah ada. Mendapat julukan manusia revolusi, supermen dan manusia rumus. Pertama kali ditembak cowok, loh? ko gak mati sih? ahahaha pertama kali terjerumus kegiatan pacaran. Ya, walaupun gak jelas gitu, disekolah mah cuek-cuekan jadi eksisnya cuma di sms doang. Udah gitu, Bisa kenal sama Bunda Neneng, Bu ike dan semua guru-guru kereeen yang super keeeceeeee. Pertama kali lomba matematika, dan pertama kali gugup sampe salah jawab. Padahal itungannya bener itu, sampe galau badai banget gara-gara aku salah ucap jawaban jadi juara dua. huhuhu

Yang paling ngangenin adalah, masa-masa putih abu di Pondok Pesantren Modern Daarul Uluum. Keren, keren banget. Bisa ketemu sama temen-luar biasa di angkatan 22. Ketemu pangeran senja, Jatuh cinta, Galau dan semuanya deh. Masih ababil banget disini. Tapi sumpah ini yang paling kereeeeeeeeeeeeennn..

Dan semua kenangan itu selalu mondar-mandir saat otak ku tak terhimpit oleh soal ekonomi. Mentang-mentang anak ekonomi otaknya muter di ekonomi terus. Gak enak sumpah gak enak. Dulu galau juga karena cinta atau kangen pangeran senja. Tapi sekarang galaunya karena ekonomi, masa depan dan akhirat. Berat banget kan?

Walau ada my-D tapi tetep ajah semua itu faktor bikin galau no.1 yang selalu bikin otak jadi rusuh.
Ekonomi itu tentang bagaimana caranya bisa bertahan, bernafas dan cara nyambung hidup dari hari ke hari, detik ke detik. Waktu emang gak pernah kenal kata ampun.
Masadepan tentang bagaimana caranya sejahtera, mensejahterakan orang lain dan mensejahterakan dunia.
Akhirat tentang bagaimana caranya masuk Surga, jadi bidadari paling cantik buat si dia, dan bahagia selamanya..

Nahloh, berat kan?
Udah ah, jangan dipikirin beratnya mending kita sholat ashar... yuk..yak..yuk...!!!

No comments: